Minggu, 15 Juni 2008

Data Jamkesmas Belum Final

Jambi -
Kelebihan kuaota penerima jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) masih menjadi kendala di pemerintah kota , pasalnya hingga kini data tersebut belum final diselesaikan.
‘’Ya belum ada masyarakat yang terima, orang kartunya belum dikirim pusat. Prosesnya kan harus selesai verifikasi data dulu, setelah itu ditandatangani walikota baru dikirim kepusat. Dan pusat baru akan mengirimkan kartu tersebut,’’ terang Hengky Jaya Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi
Menurutnya, hingga kini verifikasi data tersebut belum selesai dikerjakan oleh pemerintah kota , tetapi bulan ini adalah bulan terakhir pendataan. ‘’Ini karena terjadi kelebihan penerima Jamkesmas kemarin. Kita kan hanya dijatahi sebanyak 92.902 Jiwa, sedangkan didata kemarin berjumlah 119.016 jiwa, makanya kita harus data ulang lagi. Kalau kemarin tidak berlebih pasti sudah dibagikan, sekarang saya baru mau menghadap asisten II, Husin Kasim, tapi bapak tidak ada ditempat, mudah-mudahan datanya sudah jadi cepat dibagikan,’’ jelasnya.
Pembengkakan data tersebut menjadi pertanyaan besar bagi Hengky, ‘’Saya juga bingung katagori miskin itu seperti apa sebenarnya. Tahun dulu penerima jamkesmas ini kan cuma berjumlah 60 ribuan, kok sekarang jadi membengkak seperti ini. Pihak kami hanya membantu menyalurkannya saja bukan sebagai pendata, jadi kami juga tidak tahu apakah ini sudah tepat sasaran apa tidak’’ akunya.
Sedangkan kelebihan data tersebut dikatakan Walikota Jambi, Arifien Manap beberapa waktu lalu, ‘’Kelebihan itu kita tangguhkan pada ABT saja,’’ jelasnya. Namun dikatakan Asisten II, ’’Dana yang bisa dipakai jika masuk ABT adalah kurang dari 2 M jika lebih maka harus menunggu APBD tahun depan,’’ terang Husin Kasim beberapa waktu lalu.***

Tidak ada komentar: