Rabu, 25 Juni 2008

Musim Kemarau Hingga Oktober 2008

Jambi - Musim kemarau di Jambi diperkirakan berlangsung hingga Oktober 2008, atau bergeser satu bulan dari perkiraan semula September 2008, kata Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Provinsi Jambi, Remus L Tobing di Jambi, Rabu.
Puncak kemarau akan terjadi pada Agustus 2008 dengan curah hujan kurang dari 50 mm/10 hari, dan itu akan berlangsung hingga empat bulan ke depan.
Kendati musim kemarau berlangsung hingga empat bulan, namun peluang hujan lokal akan tetap terjadi di sejumlah daerah, namun intensitasnya sangat rendah.
Untuk mengantisipasi musibah kebakaran hutan pada musim kemarau, BMG tetap berkoordinasi dengan instansi terkait dan ikut dalam tim siaga kebakaran hutan.
Semua daerah kini juga telah menyiagakan posko penanggulangan kebakaran hutan, dan hampir sebulan musim kemarau belum ditemukan titik api di provinsi itu.
Pemerintah meningkatkan sosialisasi mengenai perobahan cuaca dan dampak musim kemarau, termasuk upaya dalam mencegah atau menanggulangi kebakaran hutan.
Diharapkan kesadaran warga dan perusahaan untuk tidak membakar hutan dan lahan dalam membuka kebunnya, karena selain merusak dan membakar hutan sekitarnya, akan menimbulkan kabut asap yang berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat dan bisa mengganggu negara tetangga.***

Tidak ada komentar: