Minggu, 22 Juni 2008

Ribuan Masyarakat Tak Dapat Hak Pilih di Pilkada Merangin

Jambi -
Diperkirakan puluhan ribu masyarakat Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, tidak mendapatkan hak pilih pada pilkada bupati-wakil bupati setempat yang berlangsung, Minggu.
Berdasarkan laporan masyarakat di sejumlah TPS di Kota Bangko, ibukota Kabupaten Merangin, Minggu, misalnya di TPS 3 Talangkawo, Kec. Bangko hampir 50 persen atau 120 warga setempat tidak menggunakan hak pilih, karena tidak terdaftar di entry data KPU.
Yasir, anggota KPPS TPS 3 Talangkawo mengatakan, di TPS itu hanya terdaftar 201 mata pilih dan enam cadangan. KPPS setempat telah melaporkan hal itu kepada KPU setempat beberapa hari sebelum hari pencoblosan tidak ada solusi.
Alasan KPU data itu sudah dikirim ke pusat berikut tahapan pilkada, sehingga tidak mungkin bisa diubah.
Ia menambahkan, pihak KPPS setempat hanya menerima data yang telah disodorkan oleh pihak KPU. Data itu tidak pernah didata ulang atau dilakukan pendataan atau diverifikasi oleh panitia PPS dan KPPS.
Warga setempat merasa kecewa, karena tidak menggunakan hak politik mereka, padahal pilkada bupati dan wakil bupati di Kabupaten Merangin secara langsung baru pertama kali dilaksanakan, kata salah seorang warga, Amrijal (50 tahun) yang tidak terdaftar pada pilkada tersebut.
"Aneh kami tidak terdaftar pada pilkada Bupati-Wakil Bupati Merangin ini, padahal kami ikut pada Pilpres, pemilihan legislatif, dan terakhir pada pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi pada 2006," katanya.
Hal sama juga terjadi di TPS 19 Pasar Bangko, dan TPS 7, sehingga tidak menutup kemungkinan warga yang tidak terdaftar juga banyak seperti informasi dari sejumlah kecamatan lain yang jauh dari jangkauan misalnya Kec. Sungai Manau dan Tabir.
Dari sejumlah informasi yang diperoleh di Kecamatan Sungai Manau ada ditemukan surat suara yang sudah dicoblos sebelum hari "H".
Meski pada pencoblosan pilkada Merangin Minggu pagi masih berlangsung aman, tetapi rawan konflik diperkirakan muncul setelah penghitungan suara pada Minggu siang.
"Masalah-masalah itu cukup rawan terhadap konflik, jika KPU tidak segera mengatasi," ungkap sejumlah aparat keamanan yang siaga di beberapa TPS di Kota Bangko.
Pada pilkada Bupati-Wakil Bupati Merangin itu tercatat sebanyak 726 TPS dan jumlah mata pilih 200.334 mata pilih.
Empat pasangan calon maju dalam pilkada tersebut yaitu pasangan Drs H Nalim SH MH-Drs Hasan Basri Harun diusung partai PAN, Handayani SKM-Saptono Spd (Golkar), Drs HM Madel-Zainul Arfan Sip (PDIP dan PDK), dan Arfandi Ibnu Hajar Sip-H Iskandar B (PPP, PKB, Partai Demokrat).****

Tidak ada komentar: