Senin, 16 Juni 2008

Pembangunan Jalan Tol Tran Sumatera Gagal

Jambi -
Rencana pembangunan jalan tol yang menghubungkan provinsi di Sumatera yang dicetuskan dalam program rapat koordinasi (Rakor) gubernur se Sumatera beberapa tahun lalu hingga kini gagal direalisasikan.
Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Provinsi Jambi, Nino Guritno di Jambi, mengatakan, rencana itu sebelumnya disepakati secara bersama oleh instansi terkait se wilayah Sumatera, namun wacana tersebut belum terwujud.
Masalah utama yang menghambat pembangunan jalan tol itu, karena alokasi dana APBN untuk pembangunannya masih jauh lebih kecil dibanding usulan pemerintah daerah.
Kendala lainnya kewenangan penyelenggaraan jalan tol masih berada di pemerintah pusat, sehingga pemerintah daerah tidak bisa berbuat banyak untuk mewujudkan pembangunan jalan itu.
Melalui Rakor Gubernur se Sumatera upaya itu telah dilakukan, namun tidak berhasil, bahkan tindak lanjut dari semua program Rakor tersebut juga tidak berjalan.
Upaya yang dilakukan pemerintah daerah kini masing-masing meningkatkan alokasi dana APBD dan DAK, termasuk melibatkan pihak swasta dalam menyertakan modalnya bagi pembangunan jalan dalam wilayahnya sendiri.
Daerah atau provinsi di Sumatera kini hanya dapat meningkatkan kualitas jalan yang ada dalam wilayahnya masing-masing, sementara untuk membangun jalan tol masih jauh dari harapan, kata Nino.***

Tidak ada komentar: