Selasa, 17 Juni 2008

Tingkatkan Keterampilan Warga, Lewat Rumah Pintar

Jambi -
Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) meningkatkan keterampilan warganya lewat "rumah pintar" yang diisi berbagai buku keterampilan, yang pengoperasiannya akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 29 Juni 2008.
Bupati Tanjung Jabung Timur Abdullah Hich di Jambi, Selasa, rumah pintar itu akan dilengkapi buku dan alat peraga berbagai keterampilan untuk dibaca dan dipelajari warga guna menambah ilmu pengetahuan dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Rumah pintar itu juga dijaga atau di pandu oleh karyawan dari berbagai instansi terkait yang langsung memberikan pengetahuan dan arahan bagi warga yang ingin mendalami keterampilan tertentu, seperti beternak, bercocok tanam dan perbengkelan.
Keberadaan rumah pintar itu terbuka untuk umum dan tidak kenal batas usia serta jenis kelamin bagi warga yang ingin menimba ilmu dan ketrampilan di tempat tersebut.
Kabupaten Tanjung Jabung Timur kaya akan potensi alam, perkebunan dan perikanan, yang hasil serta limbahnya belum dimanfaatkan secara optimal.
Ia mencontohkan, perkebunan kelapa di pantai timur, saat ini yang baru dimanfaatkan baru kelapa dan tempurungnya, sementara sabutnya terbuang percuma.
Begitu juga kulit ikan pari, baru dimanfaatkan sebatas bahan setengah jadi yang dijual atau dipasarkan ke Medan dan Yogyakarta, padahal jika diolah menjadi produk jadi atau berbagai aneka kerajinan seperti tas, ikat pinggang dan lainya, nilai jualnya akan semakin tinggi.
Kehadiran rumah pintar itu, berbagai produk dan limbah, pertanian, perkebunan serta perikanan yang belum dimanfaatkan, dapat diolah menjadi berbagai kerajinan yang memiliki nilai jual.****

Tidak ada komentar: