Minggu, 22 Juni 2008

Buah Durian Banjiri Kota Jambi

Jambi -
Buah durian asal Palembang, mulai membanjiri Kota Jambi, dalam sepekan terakhir ini mulai membanjiri pasar tradisional dan ruas jalan di Kota Jambi.
Pantauan harian ini, seperti di Pasae Angso Duo dan sejumlah pasar lainnya, serta kawasan Tugu Juang Sipin, Pasar, dan Thehok.
Para pedagang tampak bermunculan bahkan ada yang sebagian alih profesi menjadi pedagang buah durian.
Menurut, Adi, salah satu pedagang buah durian, mengatakan harga durian ini beragam mulai dari Rp. 10 ribu sampai 20 ribu dan didatangkan dari Palembang.
“Harga yang dijual, masing-masing pedagang menawarkan berbeda-beda, tergantung ukuran besar dan kwalitasnya”, kata Adi.
Saat ini belum banyak peminatnya, karena di samping harga jual tinggi juga kwalitasnya belum begitu bagus.
"Buah durian yang kwalitas bagus biasanya kalau kita melintas di dekatnya sudah tercium bau harum khas buah musiman itu, tetapi yang dijual sekarang ini baunya belum mencolok," kata sejumlah calon pembeli.
Salah seorang calon pembeli yang baru saja turun dari kendaraan mobilnya, setelah memilih dan mencium buah tersebut menyatakan baunya belum nyata artinya belum masak betul. Buah durian seperti ini kalau disantap biasanya rasanya kurang enak dan kurang manis.
Bisa jadi buah durian tersebut bukan masak jatuh dari pohon, tetapi sengaja dipanjat lalu disimpan beberapa hari dan baru dijual ke pasaran, kata calon pembeli itu menduga-duga.
Menurut dia, mungkin karena buah durian tersebut belum masak jatuh dari pohon, melainkan hasil panjatan petani lalu dijual ke pasar, sehingga konsumen banyak yang tidak jadi membeli.
Biasanya buah durian yang dipanen sudah waktunya, konsumen akan banyak membeli serta harganya lebih murah, katanya.***

Tidak ada komentar: