Selasa, 17 Juni 2008

Program KTM Pacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Jambi -
Program pengembangan Kota Terpadu Mandiri yang dimotori Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jambi akan memacu pertumbuhan ekonomi daerah, untuk menunjang dan memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.
Kepala Disnakertrans Provinsi Jambi, Saleh Sibly di Jambi, mengatakan, program itu lebih terfokus pada pengembangan KTM untuk membantu pemerintah daerah dalam memacu pertumbuhan ekonomi daerah khususnya daerah yang baru dimekarkan.
Di Indonesia sudah tujuh Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) yang dijadikan KTM, dan di Sumatera ada empat, satu di antaranya di Provinsi Jambi yakni Desa Baru, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.
KTM Desa Baru itu akan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) pada 29 Juni 2008.
Program KTM yang dikeliling desa lainnya selain UPT untuk memacu berbagai pertumbuhan dan pengadaan berbagai sarana yang dibutuhkan masyarakat, seperti rumah sakit umum (RSU), jalan, pendidikan dan lainnya.
Disnakertrans akan memotori pengadaan berbagai fasilitas yang dibutuhkan itu, dengan melibatkan berbagai instansi terkait, agar terwujut kondisi sarana dan prasana yang lengkap seperti kota besar.
Di Provinsi Jambi dalam kurun 40 tahun terdapat 203 UPT dengan jumlah transmigrans 96.812 kk atau 395.729 jiwa, dan sebagian desar UPT tersebut menjadi pusat pertumbuhan ekonomi daerah setempat.***

Tidak ada komentar: