Minggu, 15 Juni 2008

25 Parpol Lolos Verifikasi Faktual

Jambi -
Sebanyak 25 dari 28 partai politik (parpol) yang diverifikasi faktual KPU Provinsi Jambi dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu presiden (Pilpres) dan pemilu legislatif 2009 di daerah itu.
Anggota KPU Provinsi Jambi, Kasrianto di Jambi, mengatakan, 25 parpol itu lolos verifikasi faktual itu telah diputuskan dalam rapat pleno KPU setempat.
Sedangkan tiga parpol yang tidak lolos antara lain Partai Kristen Indonesia 1945, dan Partai Nurani Umat, karena tidak memiliki domisili atau tidak ada kantor.
Semula parpol yang tidak lolos itu menyebutkan alamat atau domisili kantor dengan jelas, namun setelah dicek ke lapangan ternyata tidak ada.
Parpol yang tidak lolos verifikasi faktual untuk tingkat Provinsi Jambi, KPU setempat memutuskan juga tidak akan melanjutkan verifikasinya untuk sembilan kabupaten dan satu kota di daerah itu.
Sementara itu, Ketua Tim Kelompok Kerja (Pokja) Verifikasi Parpol KPU Provinsi Jambi, Azhar Mulia mengatakan, 28 parpol yang diverifikasi untuk tingkat provinsi itu berdasarkan dokumen data yang diberikan KPU Pusat.
Verifikasi faktual parpol itu selain alamat domisili kantor juga kelengkapan kepengurusan seperti Ketua, Sekretaris dan Bendahara yang dilengkapi SK DPP dan memiliki identitas kartu tanda anggota (KTA) Parpol.
Untuk verifikasi parpol tingkat kabupaten dan kota segera menyusul. Verifikasi parpol di kabupaten dan kota itu terutama menyangkut keanggotaan 1/1.000 jumlah penduduk juga terpenuhi.***

Tidak ada komentar: