Senin, 16 Juni 2008

KPUD Merangin Mulai Distribusikan Kertas Suara

Jambi -
KPU (Komisi Pemilihan Umum) Merangin menjelang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Merangin mulai hari Senen (16/6) mendistribusikan kertas suara kekecamatan dalam kabuapten Merangin. Pendistribusian kertas suara diutamakan lebih dahulu kecamatan yang letaknya cukup jauh seperti kecamatan Jangkat, Sungai Tenang, Kecamatan Siau dan Tabir Ulu.
Sementara kecamatan-kecamatan yang dekat masih menunggu kertas suara yang sebagian masih disortir oleh petugas KPU Merangin dengan disaksikan tim dari masing-masing kandidat yang ikut berlaga dalam Pilkada hari Minggu mendatang.
Sebelumnya kertas suara untuk Pilkada di Merangin sempat menjadi pembicaraan hangat dikalangan baik pendukung maupun tim sukses kandidat Bupati Merangin. Pasalnya, tersebar kabar surat suara sebagian sudah dicoblos pada nomor tertentu. Akibatnya KPU Merangin didatangi ramai-ramai oleh tim sukses kandidat, situasi sedikit memanas namun tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, dan kertas suarapun disortir dengan disaksikan tim masing-masing kandidat.
Sekretrias KPU Merangin Drs. Khairul Anwar membantah kalau adanya lubang dikertas suara sengaja dicoblos oleh orang-orang tertentu. Menurut Khairul itu adalah kerusakan yang berasal dari tempat percetakan dan menepis anggapan adanya unsur kesengajaan. Dan dari 200.344 mata Pilih dalam Pilkada di Merangin, kertas suara sengaja dilebihkan 2,5 persen untuk cadangan, jelas Khairul.
Sementara Najmi salah satu Kasubag di KPU Merangin ketika dikonfirmasi tentang kerusakan kertas suara di KPU, hari Senen (16/6) mengatakan bahwa dari hasil penyortiran sampai hari ini hanya terdapat sekitar 1000 kertas suara yang dikatagorikan rusak. “ sekitar seribu lebih kertas suara yang rusak, sementara kertas suara untuk kecamatan yang jauh hari ini sudah diberangkatkan seperrti kecamatan Jangkat, Siau dan Tabir Ulu”. Ujar Najmi.
Ketua BMPMI (Barisan Muda Pemenangan Madel Inul) Kecamatan Tabir Ulu Mandri yang ikut memantau jalannya penyortiran suara sejak awal di KPU Merangin menyesalkan penyortiran oleh salah seorang staf KPU Merangin dengan cara kurang teliti dan kurang propesional. “ ada salah satu staf KPU yang menyortir dengan cara yang cepat dan tidak memperlihat kepada saksi dengan jelas, ini sepertinya akan menciptakan polemik baru nantinya.” Kata Mandri yang juga Ketua LMP Tabir Ulu.
Menurut Mandri, melakukan penyortiran kerrtas suara jangan asal-asalan, karena menyangkut Pilkada dan Merangin, apalagi para kandidat telah mengerahkan saksi untuk mengetahui sejauh mana kerusakan kertas suara tersebut.***

Tidak ada komentar: