Senin, 23 Juni 2008

Puluhan Bus AKP dan AKDP Batal Berangkat

Jambi -
Puluhan bus penumpang antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) yang melayani rute ke sejumlah kota di Sumatera dan Pulau Jawa, batal berangkat karena kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) di Jambi.
Ketua DPD Organda Provinsi Jambi, Syafriadi di Jambi, mengatakan, akibat langkanya BBM, terutama jenis solar puluhan bus membatalkan dan menunda keberangkatannya.
"Akibat penundaan dan pembatalan keberangkatan itu, ratusan penumpang juga terlantar," katanya.
Kelangkaan BBM yang terjadi sejak tiga hari terakhir menimbulkan kerugian pengusaha angkutan penumpang dan juga pada penumpang, karena hampir di semua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) keberadaan BBM selalu habis.
Kenaikan harga BBM sudah dapat diterima oleh pengusaha angkutan penumpang, namun kini dihadapkan dengan kelangkaan, padahal pengusaha bus mulai bergairah karena adanya lonjakan penumpang musim libur panjang sekolah.
Husni (34) calon penumpang tujuan Muara Bungo, merasa sangat kecewa karena pembatalan pemberangkatan bus yang akan ditumpanginya, karena tidak ada BBM.
"Saya ingin pulang kampung ke Muara Bungo, karena ada keluarga yang akan pesta, namun karena pembatalan keberangkatan, saya tidak jadi menghadiri pesta," kata Husni dengan nada kecewa.
Sementara hingga kemarin, antrian panjang kendaraan untuk mengisi bahan bakar di SPBU masih terjadi di Kota Jambi dan berbagai kabupaten, bahkan SPBU terpaksa tutup karena kehabisan BBM.***

Tidak ada komentar: