Kamis, 19 Juni 2008

Penumpang Angkutan Darat Naik Tajam

Jambi -
Memasuki libur panjang sekolah jumlah penumpang angkutan darat bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) dari dan ke Provinsi Jambi meningkat tajam mencapai 40 persen.
Ketua DPD Organda Provinsi Jambi, Syafriadi di Jambi, Kamis mengatakan, memasuki libur panjang sekolah yang hampir sepekan, jumlah penumpang bus AKAP dan AKDP meningkat tajam.
Hampir ke semua kota dalam dan luar provinsi yang dilayani terjadi peningkatan penumpang cukup tajam, bus yang sebelumnya melayani penumpang satu kali sehari, kini menjadi dua kali sehari, katanya.
Peningkatan jumlah penumpang itu selain banyaknya pelajar yang hendak pulang kampung atau berlibur bersama keluarganya, juga tingginya tarif pesawat yang sebelumnya menjadi transportasi andalan.
Ia mencontohkan, bus PO Jambi Transport yang sebelumnya untuk rute Jambi-Padang dilayani dua kendaraan sehari, kini dilayani empat kendaraan.
PO AKAP di Jambi kini tercatat 51 perusahaan dengan armada 360 unit, dan AKDP sebanyak 57 perusahaan dengan jumlah armada 946 unit.
Peningkatan penumpang bus AKAP dan AKDP tidak dirasakan oleh angkutan kota (Angkot), yang justru sebaliknya atau mengalami penurunan.
Ketua DPD Organda Kota Jambi, Anas Muchtar mengatakan, musim libur justru terjadinya penurunan penumpang Angkot, berbeda dengan bus AKAP dan AKDP.
Libur sekolah waktu yang sulit bagi supir Angkot untuk mencari setoran, karena anak sekolah yang menjadi sumber pendapatan andalan sehari-hari, kini libur dalam waktu yang cukup lama atau sebulan penuh. ***

Tidak ada komentar: