Senin, 14 Juli 2008

827.555 Jiwa Masyarakat Andalkan Progam Jamkesmas

Jambi -
di Provinsi Jambi sebanyak 827.555 jiwa masyarakat mengandalkan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dalam pelayanan masyarakat. Sedangkan kuota yang ditetapkan. Dengan adanya Jemkesmas ini tentunya dapat membantu masyarakat miskin
Kasubdin Pemberdayaan Masyarakat dan Promosi Kesehatan, Dr Hj Yasmidar Muchtar Msc mengatakan. data kuota penerima kartu Jamkesmas di Provinsi Jambi sesuai dengan data dari Depkes RI.Pendataan itu melalui data BPS 2005 lalu. Sementara data yang masuk dari PT Askes Cabang Jambi dan PT Askes Cabang Bungo terdapat 827.555 jiwa atau 201.158 kepala keluarga (KK).
Disebutkan, pendistribusian kartu Jamkesmas dilakukan oleh PT Askes Jambi dan Bungo. PT Askes Jambi untuk mendistribusikan di Kota Jambi, Muarojambi, Batanghari, Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Timur.
Sementara PT Askes Cabang Bungo mendistribusi kartu Jamkesmas di Bungo, Tebo, Sarolangun, Merangin dan Kabupaten Kerinci. Masyarakat penerima kartu Jamkesmas itu adalah mereka yang sudah terdaftar menjadi peserta Askeskin dan kartu sehat dari PT Askes.
Disebutkan, klaisifikasi pelayanan kesehatan yang dibatasi bagi pemegang kartu Jamkesmas yakni pengadaan kacamata, alat bantu dengar, alat bantu gerak dan Diagnosis canggih. Kemudian pelayanan yang tidak dijamin yakni prosedur tidak sesuai kriteria, bahan tindakan kosmetik, general chek up, prastesis (gigi palsu), bayi tabung dan bakti sosial dan bencana alam.
“Kemungkinan besar distribusi kartu Jamkesmas paling lambat September 2008. Sebagian daerah kabupaten sudah ada kartu Jamkesmasnya yang dicetak. Diharapkan pelayanan Jamkesmas ini tepat sasaran,”katanya.***

Tidak ada komentar: