Kamis, 17 Juli 2008

Swasta Perlu Diberi Peluang Kelola Listrik

Jambi -
Pemerintah pusat perlu memberikan peluang kepada swasta untuk mengelola listrik, karena selama ini hanya dikelola perusahaan negara PT PLN.
Sementara PLN sampai kini tidak mampu memenuhi kebutuhan energi listrik untuk masyarakat dan industri, kata Gubernur Jambi, H Zulkifli Nurdin di Jambi.
"Oleh karena itu pemerintah perlu merevisi UU kelistrikan untuk mengatasi krisis listrik yang terjadi di Indonesia saat ini," katanya.
Menurut Zulkifli, pandangan itu telah disampaikannya kepada Komisi VII DPR RI ketika mengadakan pertemuan di Jakarta pada Rabu (16/7).
Jika pemerintah memberi peluang kepada investor mengelola listrik akan membuat mereka lebih leluasa berinventasi di daerah.
Dengan demikian investor dan PLN akan bersaing secara kompetitif dalam tataran harga.
Gubernur Zulkifli lebih lanjut menjelaskan, dalam kondisi sekarang, terkadang ketika investor mau berinvestasi di bidang listrik di daerah tidak ada kecocokan harga sehingga menjadi masalah.
Ia optimistis jika investor mendapat peluang itu akan bisa memasok energi listrik dalam jumlah yang besar. Provinsi Jambi sendiri saat ini mendesak dan membutuhkan investor listrik, karena sumber daya energi yang dimiliki cukup besar seperti energi biotermal, energi batubara, dan energi air.
"Jika investor bidang kelistrikan dibebaskan masuk ke Jambi, saya yakin tidak akan terjadi krisis listrik lagi seperti saat ini," ungkapnya.***

Tidak ada komentar: