Minggu, 27 Juli 2008

PLN Pastikan Akhiri Pemadaman

Jambi -
PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (S2JB) Cabang Jambi, belum bisa memastikan kapan berakhirnya pemadaman bergilir yang terjadi setiap enam jam sekali di Provinsi Jambi.
PLN Jambi sampai saat ini tidak bisa memastikan akan berakhir pemadaman bergiliran tersebut, karena kejadian ini dialami seluruh provinsi di Sumatera yang menggunakan sistem interkoneksitas listrik Sumatera, kata Asisten Muda Komunikasi (Atmu) H Tambunan, Sabtu.
Pemadaman bergilir dilakukan karena Jambi masih menggunakan dan mengikuti sistem interkoneksitas dan belum mampu menyediakan sendiri pasokan listrik di daerahnya.
Saat ini dua PLTU yang memasok listrik interkoneksitas Sumatera dalam pemeliharaan, maka secara otomatis pasokan listrik di pulau Sumatera mengalami kekurangan dan harus melakukan pemadaman bergilir.
Kedua PLTU di Sumatera yang sedang mengalami pemeliharaan tersebut, PLTU Ombilin di Sumatera Barat dan PLTU Tarahan di Lampung.
Provinsi Jambi sendiri membutuhkan 150 megawatt (MW) untuk bisa menghidupkan seluruh aliran listrik baik rumah tangga dan industri, karena PLTD di Jambi tidak mampu untuk melakukan itu.
Untuk mengatasinya Jambi harus mengikuti sistem interkoneksitas listrik di Sumatera agar dapat pasokan tambahan dalam mengatasi kekurangan daya pasokan.***

Tidak ada komentar: