Minggu, 27 Juli 2008

Massa Kampanye Pilkada Kota Jambi Dibatasi

Jambi -
Massa kampanye empat pasangan calon walikota dan wakil walikota Jambi yang mulai dilaksanakan 3 Agustus hingga 16 Agustus 2008 akan dibatasi.
Masing-masing kandidat hanya diperbolehkan menggelar kampanye terbuka atau kampanye akbar sebanyak tiga kali putaran. Selain itu, massa kampanye juga dibatasi untuk menghindari betrok massa kampenye.
Kemudian dalam satu hari, kampenye hanya diperbolehkan satu pasangan kandidat. Kampanye awal 3 Agustus disepakati pengucapan ikrar Pilkada Kota Jambi damai, yang akan digelar sebelum penyampaian visi misi pasangan calon pada hari pertama.
Ikrar Pilkada Damai dijadualkan akan dilangsungkan digedung DPRD Kota Jambi.
Keputusan membatasi pelaksanaan kampanye akbar tersebut, disepakati dalam pertemuan yang digelar antara pihak KPU Kota Jambi selaku penyelenggara Pilkada Kota Jambi dengan tim sukses masing-masing pasangan calon kandidat dikantor KPU Kota Jambi baru-baru ini.
Demikian keterangan Ketua KPU Kota Jambi, Badjuri kepada wartawan terkait dengan kampenye Pilkada Kota Jambi yang pencoblosannya dilangsungkan 20 Agustus 2008 mendatang.
Disebutkan, untuk kegiatan kampanye terbatas, lanjutnya, masing-masing pasangan calon diberi kebebasan. Namun pasangan calon tetap harus memberi tahu KPU, panwas dan pihak kepolisian sebelum menggelar kampanye.
Menurut Badjuri, kesepakatan lain yang berhasil dibuat dalam pertemuan kemarin, adalah pelaksanaan debat terbuka pasangan calon. Kegiatan ini dijadualkan akan digelar pada akhir masa kampanye 16 Agustus.
Disebutkan, debat terbuka pasangan calon merupakan aspirasi dan tuntutan masyarakat Kota Jambi. Pihak KPU Kota Jambi banyak menerima saran dan masukan dari masyarakat yang meminta diadakan debat terbuka pasangan calon walikota-wakil walikota.
Berdasarkan hasil kesepakatan antara KPU Kota Jambi dengan tim sukses pasangan calon, diputuskan kandidat pertama yang mendapat giliran untuk kampanye akbar adalah pasangan Zulkifli Somad - Agus Roni, yakni tanggal 4 Agustus.
Selanjutnya pada tanggal 5 Agustus giliran pasangan Bambang - Sum Indra. Pasangan Asnawi-Nuzul mendapat kesempatan berkampanye akbar tanggal 6 Agustus dan tanggal 7 Agustus giliran pasangan Sutisno - Efendi Hatta lagi yang mendapat kesempatan kampanye akbar.
Kemudian tanggal 8 dan seterusnya, kembali lagi pada urutan jadwal hari sebelumnya.Menurut Badjuri, tempat penyelenggaraan kampanye akbar tersebut, KPU Kota Jambi telah menyiapkan 3 lokasi kampanye yakni, GOR Kotabaru, Stadion Persijam dan halaman Stadion Koni.***

Tidak ada komentar: