Kamis, 31 Juli 2008

Pemkab Gandeng Masyarakat Laksanakan Pembangunan

Jambi
- Keseriusan duet pasangan Bupati Drs H Hasan Basri Agus dan Wakil Bupati H Cek Endra untuk membangun Kabupaten Sarolangun mulai dibuktikan. Dihadapan seluruh komponen masyarakat yang tergolong kabupaten tertinggal itu, Bupati Sarolangun Drs H Hasan Basri Agus menandaskan, akan mengandeng masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di bumi sepucuk adat serumpun pseko.
"Jika secara konstitusi Pemkab melaporkan pengelolaan keuangan daerah kepada DPRD. Namun untuk seterusnya, tiap tahun selama kepemimpinan kami, laporan penggunaan anggaran untuk pembangunan akan kami sampaikan kepada masyarakat," tandas HBA di hadapan puluhan perwakilan masyarakat yang hadir pada ekpose dua tahun kepemimpinan mereka, kemarin.
Meski kebijakan yang diambilnya itu tergolong masih jarang di terapkan oleh kepala daerah khususnya di provinsi Jambi, namun menurut mantan Sekda Kota Jambi itu, banyak nilai positif yang bisa diambil oleh seorang pemimpin dengan seringnya berkomunikasi dengan masyarakat.
"Kami sangat membutuhkan saran dan kritik dari masyarakat, karena masyarakat yang merasakan langsung pelaksanaan pembangunan yang berjalan selama kami memimpin," katanya merendah.
Secara mendalam HBA meyakini hakikat seorang pemimpin adalah untuk melayani masyarakat bukan minta dilayani."Hei HBA, hei Cek Endra bantu kami, urus kami dan layani kami dengan baik. dan itu bukan sebuah tuntutan tapi lebih sebagai kewajiban sebagai pemimpin,"kata HBA seolah berada di posisi masyarakat.
Kepedulian HBA terhadap kesejahteraan masyarakat juga dia ungkapkan dengan menyatakan keengganannya menggunakan fasilitas yang memang pantas digunakannya sebagai pejabat."Saya kadang-kadang malu menggunakan mobil BH 1 S ilir mudik. sementara saya tidak yakin apakah semua masyarakat kita sudah makan atau belum,"katanya dengan nada suara pelan.
Menyikapi masih banyak masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan, dalam setiap tahun anggaran Pemkab Sarolangun akan memprioritas program kemasyarakatan yang mampu mengangkat derajat masyarakat prasejahtera, selain program bedah rumah.
"Pemkab juga akan berupaya menerapkan strategi menggeliatkan ekonomi daerah yang diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat menuju Sarolangun EMAS( ekonomi maju,aman,adil dan sejahtera) “tandasnya.***

Tidak ada komentar: