Minggu, 20 Juli 2008

Teh Hitam Ortodok Kayu Aro Terbaik di Dunia

Padang -
Teh hitam ortodok produksi perkebunan dikelola BUMN PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI di Kayu Aro, Jambi, tercatat sebagai teh dengan kualitas terbaik kedua di dunia.
Pengakuan itu dapat dijumpai pada museum teh dunia di Manchester, Inggris, kata Direktur Produksi PTPN-VI, Refendi Sibagariang di Padang.
Menurut dia, memang setiap daerah atau negara mengklaim kualitas teh produksinya adalah yang terbaik, namun penilaian paling objektif dan diakui resmi dapat dijumpai di museum teh Manchester itu.
Jika kita mengunjungi museum tersebut, maka bisa dilihat pajangan teh berdasarkan kualitas terbaiknya di dunia. Dari posisi pajangan maka teh terbaik di dunia adalah teh Darjeling, Himalaya, Nepal dan urutan kedua, teh hitam ortodok Kayu Aro, Indonesia, katanya.
Karena itu, teh hitam ortodok menjadi salah satu komoditi ekspor unggulan Indonesia dengan total produk yang diekspor mencapai 7.000 ton per tahun.
Teh ortodok ini dihasilkan dari lahan kebun seluas 3.400 hektar di Katu Aro, Jambi dan diekspor terutama ke negara-negara Timur Tengah melalui Pelabuhan Laut Teluk Bayur, Padang, tambah Refendi.***

Tidak ada komentar: