Selasa, 01 Juli 2008

Mahasiswa Minta Polri Lebih Profesional Dalam Bekerja

Jambi -
Mahasiswa Unja mengharapkan jajaran aparat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang pada saat ini memperingati hari jadinya ke-62 bisa bersikap lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya melindungi rakyat dan dalam menegakkan hukum.
Susbianto, Sekretaris BEM Universtas Jambi (Unja) di Jambi, Selasa, mengatakan, selama 62 tahun keberadaannya diakui Polri sudah banyak berjasa bagi Negara Indonesia, salah satunya dalam melindungi masyarakat.
"Banyak perubahan yang bisa dirasakan dalam tubuh Polri beberapa tahun terakhir ini," katanya.
Dia mengatakan, salah satunya adalah penindakan tegas terhadap anggota kepolisian yang terbukti melanggar hukum dan peningkatan kualitas anggotanya.
"Polri sudah mulai bersikap transaparan dan adil dalam menangani kasus-kasus yang melibatkan anggotanya sebagai tersangka," katanya menambahkan.
Menurut dia, citra polisi sekarang sudah lebih baik daripada dahulu. Polisi sekarang lebih bisa mensosialisasikan diri kepada masyarakat, dan mulai lebih bersahabat dengan masyarakat.
"Namun, tidak jarang juga polisi yang melakukan praktek melanggar hukum, terutama polisi lalu lintas," katanya dan menambahkan, untuk itu ia berharap citra negatif semacam ini harus dihilangkan dan cepat atau lambatnya menghilangkan citra tersebut bergantung pada niat jajaran kepolisian itu sendiri.
Dia mengharapkan dalam usianya ke-62 tahun ini, Polri bisa meningkatkan kualitas para anggotanya untuk lebih profesional dalam bekerja dan lebih ramah kepada masyarakat.
Sementara itu, Reni, mahasiswa FKIP Unja lainnya mengatakan, citra Polri sekarang tidak banyak berubah daripada tahun-tahun sebelumnya.
"Citra Polri sekarang masih belum baik, karena banyak kasus kejahatan yang terungkap malah melibatkan atau didalangi oleh anggota polisi," katanya.
Menurutnya, tugas polisi sebagai pengayom dan pelindung masyarakat belum terlaksana sepenuhnya. Dia menambahkan, banyak terjadi pelanggaran hukum yang dilakukan oleh aparat polisi sendiri, terutama terkait dengan pelanggaran lalu lintas.
"Namun, tidak semua anggota polisi tidak melaksanakan tugasnya dengan baik. Banyak juga yang sudah bersikap profesional dalam bekerja," katanya.
Dia mengharapkan, selain bisa bersikap lebih profesional dalam bekerja, aparat polisi juga harus lebih tanggap dalam melayani masyarakat.***

Tidak ada komentar: