Selasa, 27 Mei 2008

Pembalakan Liar Masih Marak di Sarolangun

Jambi -
Aksi pembalakan liar di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, dalam beberapa pekan terakhir ini masih marak terjadi , sehingga aparat kepolisian berhasil mengamankan puluhan meter kubik kayu gelondongan dan potongan yang dijarah dari dalam hutan.
Aksi pembalakan liar di Kab, Sarolangun dan sekitarnya memang jumlahnya relatif tidak terlalu besar namun dilakukan secara rutin oleh pembalak liar setempat, kata Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Yatin Suyatmo.
Laporan polres setempat, akhir pekan lalu menyebutkan polisi menggulung tujuh pelaku pembalakan liar yang menebangi kayu dari dalam hutan setempat dengan barang bukti puluhan meter kubik.
Di Kabupaten Sarolangun, dua orang warga yakni Sapri (31) dan Parlin (21), pelaku pembalakan liar yang ditangkap saat hendak mengangkut enam meter kubik kayu tanpa dokumen yang akan dirakit melalui sungai Batang Asai tepatnya di Dusun Muara Limun ,kata Yatin Suyatmo.
Sedangkan di tempat terpisah, polisi juga kembali menangkap Saipul (25) dan Amril (32), warga Kecamatan Mandiangin, yang ditangkap saat hendak membawa 1,5 meter kubik kayu jenis rimba campur dengan mobil truk.
Sementara itu , di Kabupaten Merangin yang berbatasan dengan Sarolangun, kepolisian setempat juga menangkap tiga pelaku pembalakan liar yang sedang mengangkut kayu tanpa dokumen dengan mobil truk.
Ketujuh pelaku pembalakan liar tersebut, kini ditahan di polres setempat untuk pengembangan karena ada dugaan masih ada pelaku lainnya yang sedang beraksi menjarah hutan.
Kapolda Jambi Brigjen Pol Budi Gunawan, dengan tegas menyatakan akan memberantas pembalakan liar tanpa memandang siapa pun pelakunya.****

Tidak ada komentar: