Rabu, 07 Mei 2008

PB HMI Laporkan ke Komnas HAM

Jambi – Selasa (6/5), bertempat di sekretariat HMI Cabang Jambi, sejumlah pengurus HMI menggelar konferensi pers, terkait perkembangan kasus penyerangan sekretariat HMI korkom Unbari, oleh oknum Brimob Jambi beberapa waktu lalu, yang sudah dilaporkan ke Komnas HAM
“PB (Pengurus Besar) HMI sudah melaporkan kasus penyerangan sekretariat HMI Korkom Unbari ke Komnas HAM, dan mendapat respon positif dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, untuk ditindaklanjuti”, ungkap Ketua Bidang hukum dan HAM PB HMI, Nimran Abdurrahman, SH sekaligus lawyer PB HMI yang mengangani kasus penyerangan tersebut.
Dikatakannya, bahwa Komnas HAM juga, sudah mengirimkan tembusan surat ke PB HMI, sebagai tindaklanjut dari laporan PB HMI, sebab kasus penyerangan ini, tergolong pelanggaran HAM berat yang dilakukan oleh aparat negera.
“PB HMI pada Kamis mendatang, akan melaporkan kasus ini ke Komisi III DPR RI, sebab saat ini anggota DPR masih dalam suasana reses”, ujarnya.
Selain itu, PB HMI juga sudah menemui sejumlah pejabat terkait di Polda Jambi, untuk menanyakan perkembangan kasus ini, seperti bagian Propam, intelkam, reskrim, dan pihak terkait.
“Kita sudah menemui pihak terkait, untuk melihat sampai sejauh mana penanganan kasus ini, dan menemui 6 orang oknum Brimob yang berada di tahanan Polda Jambi”, kata Nimran Abdurrahman.
Di kesempatan tersebut, HMI juga mengklarifikasikan bahwa HMI belum melakukan Islah, dengan pihak Polda dan mengawal kasus ini sampai tuntas.
“Permintaan maaf, Kapolda hanya bersifat manusiawi, tetapi secara hukum tetap harus berjalan, menurut ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia”, jelasnya.
Dalam jumpa pers juga dihadiri oleh Deding Zumahari, ketua bidang PTKP (Perguruan tinggi kemahasiswaan dan pemuda) PB HMI, Sekjen Badan koordinasi HMI Sumbangsel, Agus Maryanto, Ketua HMI Cabang Jambi, Hadi Suprapto Rusli, dan sejumlah pengurus HMI cabang Jambi.***

Tidak ada komentar: