Rabu, 21 Mei 2008

Mahasiswa Segel SPBU dan Sandera Mobil Tangki
Aksi Protes Kenaikan BBM



Jambi – SPBU yang berjarak sekitar 100 meter dari kampus IAIN Telanaipura, kemarin disegel, ratusan mahasiswa yang baru memulai aksinya di depan Kampus IAIN Jambi, Telanaipura.
Penyegelan SPBU yang terletak di Jalan Arief Rahman Hakim itu, dilakukan merupakan bentuk aksi protes mahasiswa yang menolak rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM, pada akhir Mei mendatang dan tidak mendapat perlawanan dari pihak SPBU sendiri, yang bertuliskan ‘Demi Rakyat, SPBU ini Di Segel.
Setelah mereka melakukan penyegelan, mahasiswa langsung long march ke kampus Unja Telanaipura, untuk menuju Simpang BI dan kantor Gubernur Jambi.
Sesampainya di depan kampus Unja Telanai, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BBM (Bantu Beban Masyarakat), terdiri dari HMI, FMN, BEM Unja, BEM Unbari, IMM, LMND, GMKI, PMKRI, MAM Unja, KAMMI, dan sejumlah elemen mahasiswa lainnya, langsung menghadang satu unit mobil tangki BBM miliki Pertamina, yang kebetulan melintas disana.
Di atas mobil tangki BBM, yang hendak melakukan pengisian di salah satu SPBU, mahasiswa langsung berorasi, bahkan membakar ban bekas, sehingga ruas jalan Arif Rahman Hakim menjadi macet, tanpa ada satupun personil dari kepolisian yang mengamankan aksi tersebut.
Namun, berselang beberapa menit, personil kepolisian dari sektor Telanaipura, langsung memadamkan api dan membebaskan mobil tangki tersebut, kemudian mahasiswa melanjutkan aksinya ke Simpang BI dan kantor Gubernur Jambi.
Ketua KAMMI Daerah Jambi, Hidayat Nasution berujar, penyegelan SPBU tersebut, merupakan bentuk aksi protes mahasiswa, yang menolak rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM, pada akhir Mei mendatang.
“Aksi tolak kenaikan BBM, murni aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa, tanpa adanya kepentingan siapapun, ini kepentingan rakyat”, ujarnya.****

Tidak ada komentar: