Selasa, 01 Juli 2008

PDK Merangin Targetkan Satu Anggota Dewan Setiap Dapil

Jambi -
PDK (Partai Demokrasi Kebangsaan ) Kabupaten Merangin dalam Pemilu Legislatif tahun 2009, memasang target minimal satu orang anggota PDK yang duduk di DPRD Merangin untuk setiap daerah pemilihan. Untuk kabupaten Merangin kalau tidak ada perubahan seperti pemilu legisltif sebelumnya, memiliki empat dapil, diantaranya dapil Siau-Jangkat, Bangko- Sungai Manau, Pamenang dan Tabir-Tabir Ulu. Mengacu pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Merangin jumlah penduduk yang berhak memilih sebesar 200.343 orang.
Saat ini PDK kabupaten Merangin tengah menjaring dan menyusun calon anggota DPRD untuk tingkat I dan kabupaten untuk masing-masing dapil.
Ketua PDK Kabupaten Merangin Syafrudin, ketika dikonfirmasi dirumahnya, membenarkan bahwa partainya kini sedang melakukan penjaringan calon anggota DPRD baik untuk tingkat kabupaten maupun propinsi. “ Saat ini kami sedang melakukan penjaringan anggota DPRD untuk tingkat I dan kabupaten masing-masing dapil, kami berharap disetiap dapil nantinya ada yang duduk.” Kata Syafrudin yang di dampingi Supriani ketua seleksi caleg di tubuh PDK Merangin.
Menurut Ketua PDK yang tidak mencalonkan diri sebagai anggota dewan ini, partainya memiliki kebijakan bukan hanya pengurus PDK yang dapat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif lewat PDK, namun seseorang yang menjadi idola atau tokoh masyarakat diberi peluang yang sama dapat menjadi anggota legislatif lewat partainya. “ di Partai Demokrasi Kebangsaan bukan hanya pengurus yang dapat menjadi caleg, boleh berasal dari tokoh masyarakat.” Ujar Syaripudin.
Yang menariknya di PDK ini selain caleg tidak dipungut biaya juga lebih mengutamakan kader-kader muda sebagai kaderisasi partai yang memiliki pendidikan dan tingkah laku sebagai ukurannya.” Tolong nantinya pilih figure yang membela kepentingan masyarakat, jangan memilih yang tidak mementingkan masyarakat setelah duduk di legislatif.” Harapnya kepada masyarakat. Apalagi katanya, jumlah partai yang akan lolos dan berhak ikut Pemilu legislatif tahun 2009 jumlahnya akan sangat banyak dan jelas membingungkan pemilih. “ Pemilu adalah sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, tapi kalau sudah terlalu banyak, misi dan visi hampir sama itu membingungkan.” Ujar Syafrudin yang menyarankan untuk dilakukan penyederhanaan soal parpol ini.
Terkait Pilkada di Merangin dan kekalahan calon Bupati yang diusung PDK, Syafrudin tetap bangga dengan alasan satu-satunya partai yang mengusung kadernya sebagai calon bupati Merangin hanyalah PDK Merangin. “ Walaupun kalah kami punya kebanggaan tersendiri, satu-satunya partai yang mengusung kadernya.” ujarnya mengakhiri pembiacaraan. ***

Tidak ada komentar: