Selasa, 15 Juli 2008

Kerusakan Jalan Bangko-Kerinci Kian Parah

Jambi -
Kerusakan jalan yang menghubungkan Kota Bangko, Kabupaten Merangin ke Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci sepanjang sekitar 160 km kian parah, banyak terdapat lobang besar dan dalam, yang menyebabkan sulit dilalui kendaraan.
Rusman (24) pengemudi bus angkutan penumpang, di Kerinci, Selasa mengatakan, kerusakan jalan yang kian ramai dilalui kendaraan itu cukup memprihatinkan.
Kendati jarahnya hanya 160 km, namun memakan waktu tempuh hingga lima jam, karena kendaraan tidak bisa melaju dengan kecepatan tinggi.
Kerusakan jalan juga terjadi menuju Kota Sungai Penuh dari Desa Sanggaran Agung sepanjang 20 km, yang terdapat lobang yang tidak bisa dielakkkan oleh kendaraan.
Jalan sepanjang 20 km itu ditempuh dengan waktu satu jam lebih, karena mobil juga tidak bisa melaju dengan kecepatan tinggi, paling kencang dengan kecepatan 20 km/jam, karena harus "zigzag" menghindari lobang.
Warga Desa Batang Merangin mengatakan, sebelumnya Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin berjanji pada 2008 akan memperbaiki jalan tersebut, namun hingga kini belum terwujud.
Jalan Bangko-Kerinci itu merupakan satu-satunya ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Kerinci dengan kabupaten di Provinsi Jambi yang terdekat, serta jalur ekonomi dan jalur sosial.
Bila jalan itu tidak segera diperbaiki akan sangat berdampak pada pasokan berbagai kebutuhan masyarakat, apalagi Oktober 2008 akan digelar Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPD) yang akan ramai dilalui kendaraan.***

Tidak ada komentar: