Minggu, 06 Juli 2008

Daftar JHC Terpenuhi Hingga 2013

Jambi -
Daftar tunggu jemaah calon haji (JCH) Provinsi Jambi mencapai 12.000 orang lebih, terpenuhi untuk lima tahun ke depan atau sampai musim haji 2013, kata Kasi Pembinaan Jemaah dan Petugas Haji Kanwil Departemen Agama Provinsi Jambi, M Herman di Jambi, Senin.
Provinsi Jambi setiap tahun rata-rata mendapat kuota sebanyak 2.606 jemaah, dan untuk pemberangkatan hingga tahun 2013 sudah terisi.
Jumlah JCH yang masuk daftar tunggu jumlahnya sudah mencapai 12.000 orang lebih, dan juga hampir melunasi tabungan haji yang mereka cicil setiap bulannya.
Sistim pemberangkatan JCH itu juga dilakukan dengan cara nomor urut, yakni bila nomor tertentu batal atau membatalkan diri, maka dimajukan nomor berikutnya.
Sementara untuk biaya pemberangkatan haji 2008 masih menunggu pemberitahuan atau edaran dari Departemen Agama Pusat, apakah masih sama dengan musim haji tahun sebelumnya Rp28 juta atau dinaikkan.
Untuk pemberangkatan menuju tanah suci Mekah sama dengan tahun sebelumnya dibagi dua wilayah dan dua embarkasi untuk wilayah timur lewat Batam, dan wilayah barat melalui Padang, Sumatera Barat.
Wilayah timur meliputi Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, Muarojambi, Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat dengan tiga kloter, sementara untuk wilayah barat Kabupaten Bungo, Tebo, Sarolangun, Merangin dan Kabupaten Kerinci menggunkan empat kloter.
Secara nasional JCH akan diberangkatkan ke tanah suci pada awal November 2008, dan acara puncaknya kegiatan ibadah haji atau wukuf pada 7 Desember 2008.***

Tidak ada komentar: