Kamis, 05 Juni 2008

Gelombang Tinggi di Pantai Timur

Jambi -
Perubahan musim hujan ke musim kemarau diperkirakan akan menimbulkan gelombang tinggi di kawasan pantai timur Provinsi Jambi, bisa mencapai dua meter lebih dan dapat membahayakan pelayaran.
Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Provinsi Jambi, Remus L Tobing di Jambi, mengatakan, tekanan udara rendah yang terjadi di Laut Pasifik menimbulkan angin kencang ke Laut Cina Selatan yang berdekatan dengan pantai timur Provinsi Jambi.
Kecepatan angin berkisar antara 20 hingga 40 km/jam terutama pada sore dan malam hari yang bisa menimbulkan ketinggian gelombang di atas dua meter.
Untuk itu bagi perusahaan pelayaran terutama yang berlayar pada malam hari diimbau tetap waspada dan merubah haluan atau mencari pulau terdekat bila dalam perjalanan dihadapkan pada angin kencang dan gelombang besar.
Selanjutnya bagi daerah daratan lainnya di Provinsi Jambi kendati sudah memasuki bulan kemarau, namun masih diselingi hujan yang tidak sporadis.
Pada musim pancaroba di daerah daratan, kemarau juga akan diselingi hujan ukuran rendah dan sedang antara 141-108 mm, seperti saat ini yang sering terjadi.
Kondisi cuaca saat ini bagi petani masih dapat menggarap lahannya, kendati kemarau selingan hujan cukup untuk membasahi tanah dan menyirami tanaman.***

Tidak ada komentar: