Minggu, 08 Juni 2008

Demi Rekor Muri, Hamburkan Dana Ratusan Juta

Jambi –
Kendati Jambi, berhasil memecahkan rekor muri, dengan kegiatan bakar ikan patin sepanjang 4,5 Km, namun kegiatan tersebut menuai kritik pedas, dari sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Jambi.
Mereka menilai, kegiatan yang menelan dana ratusan juta rupiah itu, adalah kegiatan menghambur-hamburkan uang rakyat. Kegiatan bakar ikan patin, salah satu bentuk pembodohan masyarakat, dengan kegiatan yang bertopeng pemecahan rekor Muri.
‘’Ini jelas kegiatan yang sangat mubazir, seharusnya gubernur bijaksana, dengan kegiatan tersebut, apa manfaatnya bagi masyarakat. Tak ada yang bisa dipetik dari kegiatan tersebut, kecuali bentuk kegiatan hura-hura’’ujar M Hasan, Direktur LSM Jaringan Anti Korupsi ( Jarak ).
Menurut dia, dalam kondisi saat ini, tidak tepat gubernur melakukan kegiatan tersebut. Masyarakat menjerit, karena sudah terbebani dengan berbagai tekanan hidup. BBM naik, sembako naik, sementara penghasilan tetap.
‘’Apakah ini yang dinamakan kebijakan yang berpihak ke masyarakat, apa mereka tidak Sementara itu, Direktur LSM Praja, Arpani, menilai kegiatan bakar patin dengan motor Dinas Kelautan dan Perikanan, adalah kegiatan yang sama sekali tidak bermanfaat bagi masyarakat.
'’Itu jelas kegiatan yang tidak ada manfaatnya bagi masyarakat, ‘’ujarnya.
Dijelaskannya, kegiatan tersebut, sangat kontras dengan kondisi kesejahteraan masyarakat saat ini.
‘’Disatu sisi masyarakat, tengah dihimpit beban ekonomi yang cukup berat, sedangkan disisi lain, pemerintah melakukan kegiatan mubazir, dengan menghamburkan uang, apa ini yang dinamakan kebijakan seorang pemimpin yang bagus’’jelasnya.
Sementara itu, Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin didampingi Herman Suherman Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, mengatakan, kegiatan ini tidak ada yang mubazir dan sebaliknya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan dibelinya ikan patin dari petani ikan setempat.
Selain itu kegiatan ini juga merupakan ajakan pemerintah kepada masyakat Jambi untuk memulai gemar makan ikan yang dinilai banyak manfaatnya untuk kesehatan dalam tubuh manusia.****

Tidak ada komentar: